Apa yang Diajarkan Buddha?

23 Dec, 2019 | Kategori : Agama
ajaran buddha a

“Ketahuilah hal ini, wahai para Biksu, dulu dan sekarang Aku hanya mengajarkan dukkha dan cara melenyapkan dukkha.”

Cara melenyapkan dukkha adalah dengan menempuh “jalan tengah”, menghindari segala sesuatu yang bersifat ekstrem.

Menolak praktik penyiksaan diri maupun menjaga diri dari jerat kenikmatan hawa nafsu.

ajaran buddha b

Jalan Tengah: memahami sebab, mengerti akibat, mengenal diri sendiri, mengerti aku “cukup”, tahu kapan waktu yang tepat, mengerti orang lain, mengerti kelompok masyarakat.

Hasil dari Jalan Tengah adalah kondisi yang mendukung untuk belajar dan berlatih, agar berhasil melenyapkan dukkha.

Buddha juga mengajar untuk menjadi penolong bagi diri sendiri, tidak bergantung pada nasib dan takdir, kepada dewa-dewa, bahkan kepada “Tuhan”.

Buddha bersabda, “Jadikanlah dirimu pelindung bagi dirimu sendiri.”

Ketika merasakan kesedihan dan kepedihan yang sangat mendalam, harus segera mencari jalan untuk melenyapkan semua itu dengan prinsip menolong diri sendiri.

Buddha juga mengajar bahwa segala sesuatu terjadi karena sebab dan kondisi, selaras dengan hukum karma.

ajaran buddha c

Sesuai aturan kehidupan, ajaran Buddha adalah: “Hindari kejahatan, lakukan kebajikan, sucikan pikiran.” Inilah Owada Patimokkha, inti dari Ajaran Buddha.

Walalupun mungkin sudah berhasil menghindari kejahatan dan melakukan kebajikan, kita masih harus mengetahui cara membebaskan pikiran, yaitu dengan tidak melekat kepada apa pun dan menganggap sebagai “milikku”.

Kemelekatan akan menjadi beban berat dan menghasilkan penderitaan. Ini bagaikan membawa beban berat ke mana-mana sepanjang waktu.

Beban berat berupa sekarung permata sama beratnya dengan sekarung batu karang. Letakkan! Jangan menaruh beban berat di kepala (pikiran), inilah yang dimaksud dengan mensucikan pikiran.

Buddha juga mengajarkan suatu hal yang sangat penting, yaitu segala sesuatu yang terbentuk dari beragam unsur yang bersifat  tidak kekal dan terus berubah.

 

Dikutip dari : https://www.sadhu.id/2018/11/apa-yang-diajarkan-buddha.html