Kasih Adalah Makna Terdalam Dari Natal

23 Dec, 2019 | Kategori : Agama
makna natal a

Natal, natal dan natal. Suatu kata yang sungguh bermakna ketika kita telah mengalami betapa indahnya berkumpul bersama keluarga saat natal. Namun, apakah itu makna sesungguhnya natal?

Setiap orang memiliki makna natal yang unik sesuai dengan pengalaman hidupnya setiap tahun. Terlepas dari itu, ada suatu makna terdalam yang patut kita hayati dari tahun ke tahun yakni kasih.

makna natal b

Dalam Yohanes 3: 16-17 dikatakan bahwa “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.”

Itulah makna sesungguhnya natal. Kita diselamatkan dari maut dosa oleh karena begitu besar kasihnya atas manusia.

Ketika Bunda Maria menerima khabar bahwa Ia akan mengandung dari Roh Kudus, Lukas 1: 26-38, Ia pun bertanya, bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi? Suatu pertanyaan yang muncul dari rasa ketakutan akan betapa besar tanggung jawab yang ia emban.

Namun, Malaikat Tuhan mencerahinya dengan kekuatan bahwa Allah memilih dia menjadi Ibunda Yesus, sang penyelamat dunia. Walaupun Bunda Maria merasa takut dan ragu akan pilihan Allah, akhirnya ia mengatakan “Ya” atas pilihan itu.

Itulah kasih Allah atas dunia ini, sehinggah Ia memilih seorang yang “lemah” di mata manusia menjadi Ibunda Anaknya itu. Justeru mereka yang lemah dan rendah hati itulah yang dikuatkan oleh Allah menjadi kaki tangan Allah.

makna natal c

Pertanyaan yang sama patut kita lontarkan terhadap diri kita masing-masing, apakah kita bersuka cita atas keterpilihan kita? Allah memilih kita entah sebagai bapa keluarga atau ibu, sebagai imam, suster, bruder maupun segala tugas kita di berbagai instansi. Semua itu adalah panggilan.

Apakah kita memaknainya sebagai kasih Allah atas hidup kita? Jika kita mampu melihat kasih Allah atas hidup kita, maka kita pun mampu membagikan kasih itu kepada sesama. Semoga Amores…

Dikutip dari : https://amorpost.com/kasih-adalah-makna-terdalam-dari-natal-renungan-harian-katolik-minggu-24-desember-2017/