Kehidupan dan Tugas Utama Polisi

30 Jun, 2018 | Kategori : Lain-lain
1418735585673109632

Polisi. Banyak masyarakat pasti setelah mendengar kalimat tersebut langsung takut dan langsung berfikiran yang negatif. Apakah kalian tahu apa tugas utama Polisi?  Sebelum kita mengenal lebih jauh lagi tentang kehidupan dan hak seorang polisi, saya akan membahas terlebih dahulu apa itu tugas utama seorang polisi.

Tugas utama seorang polisi adalah Melindungi, Mengayomi dan Melayani Masyarakat. Saya akan membahas tugas utama tersebut satu per satu.

  1. Pertama, Melindungi Masyarakat. Kepolisian Republik Indonesia bergabung dengan TNI tujuannya untuk melindungi masyarakat agar tetap aman di dalam negaranya sendiri. Terkadang banyak kasus yang harus diselesaikan dengan menggunakan hati nurani seorang polisi. Polisi mempunyai keluarga yang harus mereka lindungi dan mereka bahagiakan. Terutama bagi seorang polisi laki-laki yang tugasnya menjadi kepala Rumah Tangga. Pada saat ada kasus seperti demo, mereka harus meninggalkan keluarganya dalam kondisi yang terpaksa mau tidak mau itu memang sudah menjadi tugas mereka untuk melindungi masyarakat dan agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Tetapi terkadang para pendemo justru jauh lebih brutal dan mereka tidak memikirkan bahwa niat polisi itu baik. Bahkan sampai ada pendemo yang malah melempari polisi dengan batu pada saat polisi mencoba untuk membubarkan sehingga ada beberapa polisi yang terluka. Disaat masyarakat merasakan libur, seorang polisi masih harus bekerja, disaat masyarakat tertidur pulas bersama keluarganya seorang polisi terjaga dalam gelapnya malam.
  2. Kedua, Mengayomi Masyarakat. Polisi selalu berusaha untuk memberikan contoh yang terbaik pada masyarakat, agar masyarakat bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi. Jika apa yang sudah dilakukan oleh seorang polisi semaksimal mungkin kalau dari kemauan masyarakat itu sendiri kurang maka akan percuma saja apa yang sudah dilakukan oleh seorang polisi. Dan masyarakat akan terus berfikir bahwa seorang polisi tidak bisa mengayomi masyarakat.
  3. Ketiga, Melayani Masyarakat. Seorang polisi akan mengerahkan tenaga semaksimal mungkin dan sebaik mungkin agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Tetapi jika respon oleh masyarakat di Indonesia itu sendiri tidak baik maka apa yang sudah dilakukan oleh seorang polisi akan percuma.

Jadi, kesimpulannya adalah….

Polisi juga mempunyai hak yang sama seperti masyarakat-masyarakat sipil lainnya. Polisi juga mempunyai nafsu dan hanya seorang manusia biasa yang memang ngga akan bisa sempurna, seorang polisi hanya bisa berusaha semaksimal mungkin. Oleh karena itu masyarakat seharusnya mendukung semua program yang sudah diatur oleh pihak kepolisian. Karena pihak kepolisian juga membuat aturan yang disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Agar menjaga tali persaudaraan TNI dan POLRI. Maka jadilah masyarakat yang membantu meringankan tugas TNI dan POLRI agar NKRI tetap aman seperti sekarang.

 

Dikutip dari : https://www.kompasiana.com/helloitsme/kehidupan-dan-tugas-utama-polisi_54f3967a745513982b6c7c4d