Persiapan Menyambut Ramadhan di Tengah Wabah Corona

24 Apr, 2020 | Kategori : Tips
siap ramadhan

Bulan suci ramadhan sudah di depan mata. Hampir semua orang menunggu datangnya momen istimewa yang hanya datang satu kali dalam setahun ini, namun sayangnya sorak-sorai gembira menyambut bulan puasa tahun ini tersendat oleh kekhawatiran dan ketidakpastian karena pandemi Covid-19.

Banyak agenda yang telah diperaiapkan lama, banyak pula pertanyaan yang belum jelas jawabannya. Apakah dapat melakukan ibadah sholat tarawih bersama di mesjid, apakah dapat mengunjungi pasar ramadhan dan bagaimana tradisi buka bersama di luar bersama kerabat atau rekan. Dan bagaimana pula perihal mudik dan berlebaran dikampung halaman. Semua masih belum dapat kepastiannya terkait wabah corona.

Perihal suplai kebutuhan hidup seperti sembako pada saat puasa pun dirasakan kepanikan, bagaimana memenuhinya.

siap ramadhan b

Mempersiapkan puasa pada saat pandemi corona sekarang ini, beberapa hal yang dapat di lakukan dari rumah.

1. Beribadah, mendekatkan diri pada Tuhan YME. Menjalankan ibadah sholat lima waktu serta Kegiatan membaca Al-Quran dapat dilakukan sendiri dirumah.

2. Membantu orang lain. Dapat membantu orang lain dengan menyalurkan zakat atau bantuan lainnya pada satu gerakan atau yayasan yang bergerak diluar sana.

3. Mempersiapkan kebutuhan pokok. Berbelanja saat ini telah dipermudah tekhnologi, dapat dilakukan dengan daring. Sehingga orang-orang, tetap dapat tinggal dirumah.

4. Membersihkan rumah dan pekarangan rumah. Melakukan kegiatan olahraga ringan dengan membersihkan rumah atau dengan berkebun di pekarangan rumah.

5. Bersilahtuhrahmi pada keluarga di luar kota dengan menggunakan tekhnologi. Tetap mengirimkan kabar pada keluarga yang jauh dengan menggunakan ponsel.

Kegiatan seperti ini dapat dilakukan dirumah selama karantina dan tentunya mengurangi paparan infeksi penularan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona. Menghadapi kekhawatiran akan bencana wabah, masyarakat haruslah mentaati imbauan pemerintah agar penyakit Covid-19 cepat berlalu.

 

Dikutip dari : http://sinarharapan.net/2020/04/persiapan-menyambut-ramadhan-di-tengah-wabah-corona/