Persiapkan Diri Dengan Ubah 5 Kebiasaan Ini Menjelang Puasa

24 Apr, 2020 | Kategori : Tips
kebiasaan ubah a

Menjalankan puasa di bulan ramadan mengharuskan tubuh beradaptasi dengan perubahan, baik itu kebiasaan makan, waktu tidur, dan jadwal olahraga. Agar puasa yang Anda jalani tetap lancar dan tidak mengganggu aktivitas harian, tubuh perlu menyiapkan diri dengan segala perubahan selama puasa. Caranya dengan mengubah semua kebiasaan yang kurang baik dan kurang sehat yang sebelumnya sering Anda lakukan. Apa saja kebiasaan yang sebaiknya Anda ubah menjelang puasa tiba? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Minum minuman berkafein.

kebiasaan ubah f

Kafein terdapat pada berbagai jenis minuman seperti kopi, teh, cokelat, juga pada minuman energi. Walaupun kafein dapat meningkatkan  konsentrasi dalam beraktivitas, jika terlalu sering dikonsumsi tentu akan ada efek sampingnya pada tubuh. Nah, sementara jika mengurangi asupan kafein secara mendadak dapat menyebabkan sakit kepala, gampang marah, dan mengantuk. Tentunya kondisi tersebut akan memengaruhi ibadah puasa Anda. Itulah sebabnya, kebiasaan minum kopi yang biasanya Anda lakukan harus Anda kurangi sebelum ramadan tiba. amadan adalah waktu yang tepat untuk Anda mengurangi kafein, tapi sebaiknya ini dilakukan menjelang ramadan, supaya efeknya tidak berisiko mengganggu puasa. Artinya, kurangi asupan kafein sebelum puasa dan terapkan rutinitas ini selama puasa.

2. Pola makan tidak teratur.

kebiasaan ubah b

Sering menunda waktu makan atau pola makan tidak teratur bisa membuat pencernaan Anda menjadi buruk. Namun, sebaliknya jika Anda sangat suka makan dan porsinya melebihi porsi seharusnya juga tidak bagus untuk kesehatan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang cuek dengan menu makanan yang Anda makan. Semua itu bisa diubah dengan melakukan puasa. Akan tetapi, tubuh perlu penyesuaian sehingga Anda harus melatih mengubah pola makan tersebut agar puasa tetap lancar. Kurangi porsi makan secara perlahan, secukupnya saja sebelum Anda menjalani puasa dan atur kembali waktu makan. Jangan lupa untuk memilih makanan yang sehat dan memberikan nutrisi pada tubuh Anda.

3. Suka begadang.

kebiasaan ubah c

Kebiasaan begadang atau tidur larut malam membuat Anda sulit untuk bangun pagi. Akibatnya, Anda melewatkan olahraga pagi dan juga sarapan. Bila kebiasaan ini terus Anda lakukan sampai hari puasa tiba, Anda bisa melewatkan waktu sahur. Untuk itu, sebaiknya hindari kebiasaan tidur malam dan begadang sebelum memasuki bulan puasa. Cukupi kebutuhan tidur dan atur waktu tidur Anda lebih lagi supaya terbiasa bangun pagi untuk sahur. Memperoleh tidur yang cukup, membuat tubuh Anda lebih kuat dari penyakit.  Jadi, kemungkinan sakit di awal puasa bisa dihindari.

4. Merokok.

kebiasaan ubah d

Sulit memang membuat diri Anda berhenti merokok, tapi dengan berpuasa Anda dituntut untuk membatasi bahkan menjauhinya. Sama seperti halnya kopi, menghilangkan kebiasaan merokok secara mendadak bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi, gelisah, dan lebih cepat emosi. Untuk itu, mengurangi kebiasaan ini menjelang puasa lebih baik dilakukan supaya efeknya tidak mengganggu kelancaran Anda selama berpuasa. Cobalah untuk mengurangi satu batangnya per satu atau dua hari. Ini akan memberikan waktu pada tubuh untuk penyesuaian. Bila Anda mengalami kesulitan untuk mengurangi kebiasaan ini, konsultasi kepada dokter bisa membantu Anda.

5. Malas Olahraga.

kebiasaan ubah e

Semua tahu bahwa olahraga itu menyehatkan, tapi tetap saja banyak orang yang masih malas melakukannya. Sering tidur malam membuat Anda bangun kesiangan dan malas untuk berolahraga. Itulah sebabnya, mengatur waktu tidur penting agar Anda bisa mempersiapkan segala aktivitas untuk esok hari yang lebih baik, termasuk olahraga.

 

Dikutip dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/ubah-kebiasaan-menjelang-puasa/