Puasa Baik Untuk Kesehatan

2 Jun, 2017 | Kategori : Kesehatan
puasa itu sehat

Pada dasarnya saat orang berpuasa ia hanya mempercepat makan pagi dan melewatkan makan siangnya, Puasa memiliki banyak hikmah dan manfaat untuk tubuh, kecantikan bahkan ketenangan jiwa. Puasa membuat kulit menjadi segar,lembut dan berseri, karena setiap saat tubuh mengalami metabolisme energi.

Tips-Puasa-Agar-Terhindar-Dari-Penyakit

Puasa juga berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan kotoran, toksin/racun dari dalam tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru serta untuk memperbaiki fungsi hormon.

Dampak positif lainya bagi tubuh puasa bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah.Bahkan beberapa ilmuwan melakukan beberapa penelitian tentang puasa.

Menurut ALVENIA M.FULTON, Direktur lembaga makanan sehat “Fultonia” di Amerika serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan memebentuk kembali keindahan tubuh.

Dan menurut  ALLAN COTT,M.D. seorang ahli dari amerika, telah menghimpun hasil pengamatan dan penelitian para ilmuwan berbagai Negara, lalu menghimpunnya dalam sebuah buku WHY FAST membeberkan berbagai hikmah puasa diantaranya :

a. Merasa lebih baik secara fisik dan mental;

b. Melihat dan merasa lebih muda;

c. Membersihkan badan;

d. Menurunkan tekanan darah dan kadar lemak. Lebih mampu mengendalikan seks;

f. Membuat badan sehat dengan sendirinya;

g. Mengendorkan ketegangan jiwa;

h. Menejamkan fungsi indrawi;

i. Memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri; dan

j. Memperlambat proses penuaan.

Sedangkan menurut Dr.RIYADH SULAIMAN dan kawan –kawan tahun 1990 dari RS Universitas KING KHALID, Risyadh Saudi melakukan penelitian terhadap pengaruh puasa ramadhan, terhadap 47 penderita diabetes jenis kedua (pasien yang tidak tergantung dengan insulin) hasil penelitian menunjukan bahwa puasa bulan ramadhan tidak menimbulkan penurunan berat badan yang signifikan, Tidak ada pengaruh apapun yang berarti pada control penyakit diabetes sejauh dilakukan dengan kesadaran dan control makanan serta obat-obatan. Dan banyak lagi pendapat dari peneliti-peneliti lainya tentang puasa itu baik untuk kesehatan kita. Terlebih lagi memang dari zaman dulu puasa memang sudah dipakai sebagai pengobatan yang terbaik dan menjadi penyembuh terhebat dalam menanggulangi penyakit.

puasa-piring-sendok-shaum-17-6-2015

Maka dari itu jangan takut berpuasa terlebih pada bulan ramadhan, karena itu sangat menguntungkan bagi kita. Berpuasa lah dengan baik, tepat dan benar. Maka selain dapat pahala tubuh kita akan sehat dan bugar. Semoga kita selalu diberi kesehatan jasmani maupun rohani.

Terima kasih

“ SEMOGA BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA”

 

Penulis : Ny. PURWANTI FUJI HASTUTI

Bhayangkari Cabang Bartim Daerah Kalteng