Renungan Khalbu Agama Hindu

24 Nov, 2017 | Kategori : Agama
3 Dewa Tertinggi Agama Hindu (Trimurti)

KEJAHATAN BISA MENANG HANYA BILA ORANG BAIK TIDAK BERTINDAK…!!

nuhan-nafsu-1

Bhagawadgita sloka 16.4 dan seterusnya menyatakan bahwa kejahatan adalah sifat dan prilaku yang bersumber dari pikiran bangga, sombong, tak peduli, amarah, kasar dan bodoh. Mereka tidak mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Mereka tidak mengetahui kebenaran, dan secara sadar atau tidak sadar menghancurkan dunia karena berlindung pada hawa nafsu yang tidak dapat dipuaskan, terlena dalam rasa sombong dan kemashuran yang palsu, selalu bertekad melakukan pekerjaan yang tidak bersih, dan senantiasa tertarik pada hal-hal yang tidak kekal. Mereka percaya bahwa memuaskan indria-indria adalah kebutuhan utama peradaban manusia. Karena itu sampai akhir hidupnya kecemasan mereka tidak dapat diukur. Mereka diikat oleh jaringan beratus-ratus ribu keinginan dan terikat dalam hawa nafsu dan amarah.

Mereka mendapat uang untuk kepuasan indria-indria dengan cara yang melanggar hukum. Etika bahkan Agama Semuanya itu menjatuhkan mereka kedalam neraka melalui tiga pintu gerbang utama yaitu : hawa nafsu, amarah, dan lobha.

panca

Orang yang sudah bebas dari tiga gerbang neraka itu melakukan perbuatan yang menguntungkan untuk keinsyafan diri sehingga berangsur-angsur ia mencapai tujuan utama yaitu moksah. Orang-orang ini mengerti apa yang menjadi kewajiban dan apa yang dilarang oleh kitab suci Veda. Dengan pengertian ini mereka yang disebut orang-orang baik tidak boleh diam atau tidak bertindak dikala menemukan orang-orang jahat atau suatu bentuk kejahatan. Ia harus berani menegakkan dharma karena itu berarti menyelamatkan semesta ciptaan Hyang Widhi dan dengan demikian ia dikasihi dan dibimbing menuju kebebasan.

Om Santih, santih, santih
Bhagawan Dwija

Dikutif Oleh HiYoGa

Karta Vidnyana