Selain Bahagia, Ini 6 Suka Duka yang Hanya Dipahami Si Ibu Baru

22 Dec, 2019 | Kategori : Lain-lain
tips ibu baru a

Menjadi seorang ibu merupakan kebahagiaan tiada tara bagi setiap perempuan di muka bumi ini. Terlebih bagi yang baru dikaruniai anak pertama. Hari-hari penuh suka cita akan dimulai seiring dengan pertumbuhan si baby. Walaupun bahagia luar biasa, ada juga nih beberapa pengalaman menarik soal menjadi seorang ibu baru. Dari sekian banyak suka dukanya, umumnya sih begini ya, moms.

1. Suka bingung bila anak rewel tiba-tiba. Anak yang baru lahir tentu belum mampu bicara dan mengungkapkan apa yang dia inginkan. Disinilah perjuangan menjadi ibu dimulai. Seorang ibu yang sudah berpengalaman sekalipun akan kesusahan saat anaknya tiba-tiba rewel. Entah karena sang bayi sakit perut, badannya gatal, popoknya basah, dan lain sebagainya. Intinya adalah tetap tenang dan jangan panik, moms. Cobalah mengira-ngira penyebab sang anak rewel, dan atasi segera.

ibu baru b

2. Masih beradaptasi dengan jam tidur yang tidak teratur. Bayi yang baru lahir memiliki pola tidur yang berbeda-beda. Umumnya, bayi biasanya malah terjaga saat tengah malam. Memang tidak mudah untuk menyesuaikan jam tidur saat si bayi masih sangat kecil. Yang penting, tetap istirahat yang cukup dan jangan stress ya, biar si kecil dan mommy sehat selalu.

ibu baru c

3. Sering dikomentari oleh orang tua ataupun mertua soal cara mengurus anak. Orang tua ataupun mertua biasanya sangat bersemangat saat mempunyai cucu. Keberadaan mereka sangat membantu dalam mengurus si buah hati yang mana ibu baru biasanya masih kebingungan. Tapi yang jadi masalah adalah jika orang tua selalu memberikan komentar negatif soal cara kita memperlakukan anak, kan jadi tambah pusing ya. Intinya, jangan terlalu dimasukkan ke hati. Ikuti saran mereka yang bermanfaat, tapi jika kamu punya cara sendiri yang menurutmu lebih baik, gak ada salahnya kok.

ibu baru d

4. Deg-degan banget jika anak tiba-tiba panas badannya. Jika anak rewel saja si ibu sudah panik, apalah jadinya jika baby tercinta mulai panas badannya. Ibu baru akan gelagapan mencari bantuan. Tenang moms, ingat bahwa hal yang harus dilakukan pertama kali adalah berpikir dengan tenang. Hilangkan pikiran-pikiran negatif, dan segera cari jalan keluar.

ibu baru e

5. Berasa tidak punya waktu untuk mengurus diri sendiri, pokoknya keperluan anak itu nomor satu. Seorang ibu sejati akan mencurahkan seluruh dirinya pada sang buah hati. Bahkan gak jarang mulai melupakan kepentingannya sendiri. Gak salah kok, karena semua ibu juga pasti begini. Tapi, perlu diingat bahwa dirimu sendiri juga sama pentingnya. Menjaga kesehatan, makan teratur, dan beristirahat setiap ada kesempatan wajib banget dilakukan. Gak cuma buat kamu, ini juga akan berpengaruh pada kesehatan bayimu lho. Apalagi kalau masih dalam periode ASI eksklusif.

ibu baru g

6. Meskipun capek dan rasanya pengen nangis, tapi melihat perkembangan baru si anak setiap harinya mampu bikin lupa segala kelelahan. Siapa bilang jadi ibu baru itu gak capek? Mengurus anak siang dan malam, belum lagi mencuci popok, dan urusan rumah yang lain. Tentu semua ini akan menguras energi dan sangat melelahkan. Tapi, disitulah seninya menjadi ibu. Ketika sang anak mulai menunjukkan perkembangan-perkembangan kecil saja, semua kelelahan akan sirna dan tergantikan dengan kebahagiaan luar biasa.

ibu baru f

Suka duka apalagi nih yang paling memorablemoms?

 

Dikutip dari : https://www.idntimes.com/life/family/daysdesy/selain-bahagia-ini-6-suka-duka-yang-hanya-dipahami-si-ibu-baru-c1c2/full