10 Makanan Khas Indonesia Yang Identik Dengan HUT RI 17 Agustus

16 Aug, 2020 | Kategori : Lain-lain
makanan 11

Setiap tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan atau Hari Ulang Tahun. Biasanya dilakukan berbagai perayaan, mulai dari menggelar berbagai macam lomba, upacara, hingga syukuran dengan menyajikan makanan-makanan khas Indonesia.

Uniknya, ada beberapa makanan yang wajib ada saat HUT RI 17 Agustus. Ada apa aja? Simak beberapa makanan khas Indonesia berikut yang identik dengan 17 Agustus!

1. Kerupuk. Kerupuk dikenal sebagai pelengkap makanan khas Indonesia. Bahkan, dijadikan lomba makan kerupuk jelang 17 Agustus.

makanan 8

 

2. Nasi Tumpeng. Saat HUT RI, biasanya nasi tumeng hadir dengan warna merah putih. dilengkapi aneka lauk dan sayuran yang menggugah selera.

makanan 4

 

3. Telor Pindang. Telor pindang dimasak dengan merebus telur bersama campuran bumbu daun salam, daun jambu biji dan kulit bawang. Di Palembang, penjual telor pindang membludak saat Agustus.

makanan 10

 

4. Telor Abang. Telor abang yang direbus dengan pewarna makanan berwarna merah juga berasal dari Palembang. Uniknya, telur ini terkadang dijadikan hiasan pada mainan, lho!

makanan 1

 

5. Telor Ukan. Telor ukan dari Palembang yang dilubangi bagian atasnya diisi dengan campuran santan. rasa asinnya pas, jadi favorit banyak orang.

makanan 5

 

6. Ketan Sepit. Ketan sepit bentuknya menyerupai lemper yang dijepit dengan kayu dari bambu. Biasanya dinikmati bersama telor ukan dan telor abang.

makanan 2

 

7. Bongkol. Bongkol pun tidak kalah tenar menjelang 17 Agustus di palembang. Terdiri dari ketan berisi kacang merah yang dibungkus daun pisang.

makanan 6

 

8. Bubur Merah Putih. Bubur merah putih biasanya disajikan untuk acara syukuran, termasuk saat HUT RI. Warna merahnya berasal dari gula merah, sedangkan putihnya dicampur kelapa.

makanan 9

 

9. Klepon. Klepon termasuk jajanan pasar yang memiliki berbagai variasi. Salah satunya klepon merah putih yang disajikan untuk memperingati 17 Agustus.

makanan 3

 

10. Nasi Tiwul. nasi tiwul terbuat dari singkong yang dihancurkan. makanan ini mengingatkan pada perjuangan orang Indonesia yang tak punya uang membeli beras pada zaman penjajahan.

 

Dikutip dari : https://www.idntimes.com/food/dining-guide/prila-arofani/makanan-khas-indonesia-yang-identik-dengan-hut-ri-17-agustus/1