Cuplikan Surat Kartini Untuk Nyonya Nelly Van Kol

21 Apr, 2017 | Kategori : Lain-lain
kartini33

Cuplikan Surat Kartini Untuk Nyonya Nelly Van Kol

Agustus 1901

Sekali lagi: teramat banyak azab dan sengsara yang diderita dalam dunia perempuan Bumiputera. Dan penderitaan itulah yang telah saya saksikan dalam masa kanak-kanak saya, yang pertama-tama menimbulkan keinginan dalam hati saya untuk melawan kebiasaan ikut-ikutan yang seolah-olah membenarkan dan menganggap adil keadaan lama itu.

Usaha saya mempunyai dua tujuan, yaitu terus berusaha memajukan bangsa saya dan merintis jalan bagi saudara-saudara perempuan kami menuju ke keadaan yang lebih baik, yang lebih sepadan dengan martabat manusia. Kepada tuan-tuan dan nyonya-nyonya sekalian, yang banyak menaruh perhatian kepada Jawa dan orang Jawa, kami mengajukan permohonan yang amat sangat: tolonglah mewujudkan cita-cita kami, yang bertujuan memberi kebahagiaan bagi bangsa dan kaum kami yaitu perempuan.

Didiklah perempuan Jawa, cerdaskan menurut perasaan dan pikiran. Dan tuan sekalian, sebagai pencinta pulau Jawa, akan mendapat teman bekerja yang tangkas dan cakap untuk melaksanakan kerja raksasa tuan yang mulia dan indah, yaitu membuat suatu bangsa beradab, cerdas dan bangkit!

Ajarilah dia suatu kepandaian, agar dia tidak lagi menjadi kurban tak berdaya, apabila pelindung – pelindungnya menghendaki dia kawin, yang mau tak mau akan membenamkannya ke dalam kesengsaraan bersama-sama anak-anaknya apabila kemudian dia telah beranak.