Kenaikan isa Almasih

19 Oct, 2018 | Kategori : Agama
khatolik

Kenaikan Yesus Kristus adalah peristiwa yang terjadi 40 hari setelah Kebangkitan Yesus dimana disaksikan oleh murid-muridNya. Yesus Kristus terangkat naik kelangit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan seperti yang dicatat dalam perjanjian baru di Alkitab Kristen.

Kitab kisah para Rasul mencatat lebih detail percakapan antara Yesus dan murid-muridNya menjelang kenaikanNya.

khatolik b

Para murid Yesus digambarkan masih belum memahami benar arti seluruh peristiwa yang mereka alami. banyak dari mereka yang masih berharap bahwa Yesus akan memulihkan kerajaan Daud yang runtuh sejak dikalahkan oleh kerajaan Babel. tetapi Yesus memiliki misi lain yang bukan dari dunia. Ia berpesan kepada murid-muridNya “kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai keujung bumi. dan sesudah meninggalkan pesan itu Yesus terangkat ke Surga sambil disaksikan oleh murid-muridNya. Peristiwa itu membuat mereka tercengan. namun dua Malaikat Tuhan menampakkan diri dan mengingatkan mereka akan pesan yang telah diberikan Yesus kepada mereka.

Selama 40 hari setelah kebangkitanNya pada hari minggu tiga hari sesudah kematiannya diatas kayu salib, Yesus menunjukkan dirinya kepada para murid dan dengan tanda ia membuktikan bahwa ia hidup.

Pada hari kenaikannya, ketika ia makan bersama-sama dengan mereka , ia melarang mereka meninggalkan Yerussalem dan menyuruh mereka tinggal disitu menantikan janji Bapa yang demikian kataNya : “jelas kamu dengan dari padaKu sebab Yohaness membaptis dengan air, tetapi lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus”.

khatolik a

Markus mencatat bahwa sesudah Tuhan Yesus menyampaikan pesan-pesan terakhir pada murid-muridNya, terangkanlah ia ke Surga, lalu duduk disebelah kanan Allah (Markus 16:19). Lukas mencatat : Yesus membawa mereka keluar kota Yerussalem sampai dekat Betania. disitu ia mengangkat tanganNya dan memberkati mereka. Ia berpisah dari mereka sujud menyembah kepadaNya. lalu mereka pulang ke Yerussalem dengan sangat sukacita (Lukas 24:50-52). Kisah para Rasul mencatat sesudah Yesus mengatakan kata-kata terakhirNya, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka dan awan menutupnya dari pandangan mereka. ketika mereka sedang menatap kelangit waktu Ia naik, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka. “ Hai orang-orang Galilea mengapakah kamu berdiri ke langit? Yesus ini yang terangkat ke surge meninggalkan kamu akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat dia naik ke surge”.

Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus atau kenaikan Isa Almasih adalah nama Hari Raya Umat Kristen untuk memperingati kenaikan Yesus ke Surga.