[Resep] Kue Buayo Berkubang

17 Oct, 2017 | Kategori : Tips
pp4

Bentuk kue ini juga lucu seperti buaya. Kue dengan nama unik ini terbuat dari tepung ketan yang diberi pasta pandan dengan isi gula merah dan kelapa parut, lalu disirami santan. Kue ini diletakkan pada wadah atau cup. Kuah santan yang lemak berpadu dengan rasa yang kenyal dan manis meciptakan sensasi rasa unik di lidah.

?  Bahan untuk kulitnya :
1. 250 gr tepung ketan
2. 100-150 ml air
3. 1/4 sdt kapur sirih (larutkan dengan 2 sdm air)
4. beberapa tetes pasta pandan
?  Untuk inti kelapa :
1. 1/2 kelapa parut
2. 85 gr gula merah, potong-potong
3. 85 gr gula pasir
4. 1/2 sdt vanili
5. 1/2 sdm tepung terigu
?  Untuk kuah santan :
1. 500 ml santan encer
2. 1/2 sdt garam
3. 1,5 sdm tepung terigu

?  Cara Membuat Kue Buayo Berkubang :

  1. Membuat kulitnya: Campur pasta pandan dengan air dan air kapur sirih, aduk rata. Aduk tepung beras dengan tangan sambil dituang dengan campuran air pandan sedikit demi sedikit. Hingga menjadi adonan yang kalis, dapat di bentuk dan tidak lengket, sisihkan.
  2. Membuat inti kelapa: Dalam panci, masukkan gula merah dan air, aduk rata dan panaskan hingga gula larut dan air berkurang. Angkat lalu saring. Masukkan kembali air gula yang telah disaring ke dalam panci, panaskan kembali. Beri vanili lalu masukkan kelapa parut, aduk-aduk diatas api sedang hingga air mengering. Angkat. Dinginkan sebelum digunakan.
  3. Ambil sedikit adonan kulit, bulat-bulatkan seperti kelereng dengan diameter lk. 2 cm. Lubangi tengahnya, beri inti kelapa, tutup. Lalu tekan bagian atasnya, dan bentuk agak memanjang.
  4. Susun Pak Ipuk didalam wadah tahan panas yang telah diolesi minyak, lalu beri campuran santannya. Kukus hingga santan terlihat berminyal lk. 15 menit. Angkat dan sajikan.

 

Oleh :
Bhayangkari PC Kota Jambi
PD Bhayangkari Daerah Jambi