Sekilas Sejarah Lahirnya Agama Katolik di Dunia

17 Aug, 2019 | Kategori : Agama
19-16-10-images

Katolik, adalah sebuah agama besar di muka bumi. Agama Kristen Katolik, atau Katolik saja sesuai dengan maksud pemaparan dalam tulisan ini, adalah suatu agama wahyu. Itu sama halnya dengan dua agama wahyu lainnya, yaitu Yahudi dan Islam.

Sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan penulis, maka dalam pemaparan ini hanya diulas seputar sejarah agama Katolik saja.  Dan dalam pemaparan ini pun sebatas pemaparan dalam bentuk dan tujuan pengetahuan sekilas tentang sejarah agama Katolik itu sendiri, tidak menyentuh hal-hal iman umat Katolik dan jauh dari tujuan penyebaran agama.

Istilah Katolik berasal dari bahasa Yunani, bahasa yang sering dijadikan rujukan dalam belajar agama dan teologi Kristen Katolik, yaitu Katholikos. Artinya, adalah ajaran yang bersifat umum dan tersebar di seluruh dunia atau dapat diterima di seluruh dunia .

Yang pertama memakai istilah Katolik adalah Ignatius dari Antiokia. Kata Katolik  lebih lanjut dianggap sebagai nama ajaran gereja yang benar.

news_211_1419524365

Agama Katolik tumbuh ketika Yesus lahir di kota Betlehem yang terletak di Palestina pada awal abad keempat  Masehi dimana gereja mendapat pengakuan resmi dari kaisar Romawi Konstantin Agung (380 M) dalam bentuk Katolik Ortodoks yang berkedudukan monopoli dan terus berkembang di luar kerajaan Romawi.

Sejak abad pertama sampai abad keempat agama Kristen Katolik ini telah menyebar di sekitar laut tengah. Dan dalam abad keempat sampai abad ketiga belas menyebar di Eropa, abad ketiga belas sampai abad kedelapan belas memasuki benua Amerika, sebagian  Afrika dan Asia.

vatikan

Dalam abad ke-19, agama Kristen Katolik sudah berkembang ke seluruh dunia. Penganutagama Kristen Katolik itu pun membludak.

Masyarakat animism dan politeisme, dan lain-lain yang dianut oleh masyarakat setempat, ketika agama Kristen Katolik disebarkan, meninggalkan animismenya dan memeluk agama Kristen Katolik. Pada abad kedua puluh gerakan zending internasional telah menjelajahi seluruh dunia.

Agama Kristen adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran , hidup , sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus atau Isa Almasih.

Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, sang juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus dan membebaskan seluruh umat manusia dari belenggu dosa. Mereka beribadah di gereja dan Kitab Suci mereka adalah Alkitab yang di dalamnya ada Injjil.

Murid-murid Yesus Kristus pertama kali dipanggil Kristen di Antiokia . Murid Yesus sebanyak 12 orang.

Agama Kristen Katolik termasuk Kristen termasuk salah satu dari agama Abrahamik yang berdasarkan hidup, ajaran, kematian dengan penyaliban, kebangkitan, dan kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga.

Sebagaimana dijelaskan dalam Kitab suci Perjanjian Baru atau Injil, umat Katolik juga  Kristen meyakini bahwa Yesus adalah Mesias  yang diuraikan dalam kitab Perjanjian Lama (atau Kitab suci Yahudi).

Secara historis, Yesus lahir di kota Betlehem yang terletak di Palestina sekitar tahun 4 SM, pada masa kekuasaan raja Herodes.

Yesus lahir dari rahim seorang wanita perawan, Maria, yang dikandung oleh Roh Kudus. Pada umur 27 tahun ia mulai mengajarkan ajarannya di Galilea dan kemudian ajarannya menyebar  di kalangan orang-orang Palestina dan daerah-daerah di sekitarnya.

Seperti diketahui, agamawahyu, Yahudi, Nasrani (Kristen Katolik dan Kristen Protestan)  Yesus menyampaikan ajarannya hanya berjalan sekitar empat tahun.

ilustrasi-jumat-agung-1-1942019

Pada tanggal 4 April 30 M, dalam umur 30-31 tahun ia wafat dikayu salib.

Setelah wafat dan bangkit sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan umat Kristiani, para rasulnya meneruskan ajaran-ajaran Yesus, dan terbentuklah agama Kristen Katolik, yang diperkuat dengan terbangunnya gereja di atas makam santo Petrus, yang merupakan salah satu murid kesayangan Yesus Kristus, Isah Almasih.

0BD03D16-C04A-42E6-BF03-3C05E5CE7621

Agama Kristen Katolik pun terus berkembang sampai hari ini, dengan pengikutnya miliaran yang tersebar di seluruh dunia. Pusatnya adalah Vatikan, dengan kepala utamanya Paus.

Dan dalam agama Kristen Katolik tokoh utama dan sentral adalah Yesus Kristus, Isa Almasih yang diyakini dan diimani oleh umat Kisten Katolik dan Kristen Protestan sebagai Sang Juru Selamat.

Dikutip dari : https://www.netralnews.com/news/singkapsejarah/read/97264/sekilas-sejarah-lahirnya-agama-katolik-di-dunia