Tips Mengatasi Bau Mulut

2 Jun, 2017 | Kategori : Tips
bau-mulut

Saat Berpuasa Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Mereka berbondong-bondong menunaikan kewajiban berpuasa, sebagai wujud kepatuhan terhadap perintah Allah. Saat berpuasa, umat Muslim tidak makan dan minum dari setelah sahur hingga menjelang berbuka puasa. Meskipun aktivitas ini adalah sesuatu yang sangat suci bagi umat Muslim, muncul keluhan berkaitan dengan bau mulut atau bau nafas.

bau-mulut (1)

Berpuasa dan munculnya bau mulut (atau nafas berbau) berkaitan erat; dan kebanyakan disebabkan oleh keringnya mulut selama berpuasa. Tanpa makanan dan air, kelenjar ludah tidak memproduksi air liur dalam jumlah cukup yang dapat menjaga nafas tetap segar. Bau nafas adalah hal yang sebenarnya normal bagi seseorang yang berpuasa. Namun, meski sedang dalam keadaaan melakukan ibadah suci, bukan berarti kita bisa mengabaikan kebersihan tubuh begitu saja, termasuk di antaranya kebersihan mulut. Salah satu bukti bahwa kebersihan mulut harus tetap dijaga saat berpuasa adalah: Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan penggunaan siwak secara rutin saat berpuasa.

Ada beberapa cara untuk menjaga nafas tetap segar saat berpuasa tanpa harus melanggar aturan berpuasa:

1. Pada saat sahur, usahakan untuk minum air setidaknya 2 – 3 gelas. Minum banyak air dapat menghindarkan bau mulut selama berpuasa

2. Tetap sikat gigi seperti biasanya. Utamakan sikat gigi setelah makan sahur dan lakukan dengan baik untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut.

3. Berkumur terbukti membantu membersihkan mulut. Saat berwudlu sebelum sholat, berkumurlah dengan benar.

4. Hindari makanan serta minuman yang umumnya bikin mulut bau

5. Jauhi tidur yang terlampau lama lantaran hal semacam ini bakal menyebabkan bau mulut yang tak enak.

6. Konsumsilah makanan yang banyak memiliki kandungan serat seperti sayur serta buah

Setiap senyuman itu sangat berarti,karna dengan satu senyuman bisa membuat orang lain jadi merasa lebih bahagian dan kita pun percaya diri.

download

Menjaga kebersihan mulut tetaplah penting pada saat berpuasa, karena dapat menghindarkan berbagai masalah, di antaranya adalah bau mulut atau bau nafas. Meskipun berpuasa, aktivitas membersihkan mulut dengan berbagai cara tetap harus dilakukan sama seperti kondisi normalnya. Tidak ada alasan untuk tidak membersihkan mulut saat berpuasa. Memperhatikan porsi makan dan jenis makanan adalah hal penting karena hal ini juga berpengaruh terhadap kesehatan perut dan mulut.

 

Penulis : Ny.DEVI FAHMI Pengurus Ranting Katingan Tengah